Tugas Paper Mata Kuliah “ Metode Penelitian Survei”

“Pemanfaatan Fasilitas Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya UGM” 

Nama               : Anindha Lutfika Reni

NIM                : 12/16625/SA/335149

                                              Jurusan           : Antropologi Budaya

                                                          “DESAIN PENELITIAN”

                                                 ANTROPOLOGI BUDAYA 2013

FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS GADJAH MADA

BAB I

LATAR BELAKANG

           

            Membaca merupakan kegiatan yang positif untuk dilakukan karena dengan membaca wawasan kita menjadi luas dan itu sebabnya membaca adalah “jendela dunia”. Membaca juga memiliki banyak manfaat dalam menambah wawasan dan juga mempertajam pola pikir seseorang. Dengan istilh tersebut , kita menjadi mengerti bahwa membaca sangat berperan dalam perkembangan pengetahuan seseorang.

            Saya akan membahas lebih lanjut tentang apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dari seseorang dalam membaca . Tentu saja membaca tidak hanya berupa buku, bisa juga berupa koran, majalah, jurnal bahkan di era yang sudah modern ini banyak yang bisa diakses secara online. Contohnya saja situs koran elektronik yang menampilkan berita yang bisa diterbitkan dalam tiap hari bahkan tiap menit pun kita bisa akses berita terbaru dengan internet.

Perpustakaan adalah suatu fasilitas yang disediakan untuk mempermudah para mahasiswa dalam mengakses buku yang bisa menambah referensi baik untuk melengkapi tugas maupun skripsi daan lain-lain. Perpustakaan sendiri sangatlah berpengaruh dalam kegiatan membaca para mahasiswa.

 Hal – hal yang seperti ini yang mungkin mempengaruhi suatu minat seseorang untuk membaca di dalam  perpustakaan. Masih banyak faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi minat baca seseorang. Mulai dari fasilitas, suasana hingga prosedur dan jam kerja perpustakaan terutama perpustakaan FIB UGM.

            Harapannya, dengan tugas ini bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi dalam  memperbaiki suatu fasilitas tertentu yang memang penting keberadaannya untuk pemenuhan kebutuhan  mahasiswa dalam mencari referensi tambahan agar menambah wawasan dan teori-teori yang perlu diketahui para mahasiswa. Selain itu, saya juga ingin mengerti seberapa jauh mahasiswa memanfaatkan fasilitas  perpustakaan khususnya perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya UGM.

                                                                       BAB II

RUMUSAN MASALAH

  1. A.    VARIABEL PENELITIAN

 

  1. 1.      VARIABEL DEPENDENT

 

–          Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya

 

  1. 2.      VARIABEL INDEPENDENT

 

–          Fasilitas

–          Jam Kunjungan

–          Prosedur Peminjaman

–          Suasana

–          Kebutuhan

 

Variabel adalah suatu objek peneliti yang dinamai sendiri oleh si peneliti.Kedua variabel ini bergerak selalu bersinergi. Variabel independet mempengaruhi variabel yang dependent . Hal ini yang memudahkan saya untuk melihat suatu fakta lapangan dengan perhitungan secara survei. Subjek penelitian lebih fokus kepada mahasiswa – mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya UGM dan yang dijadikan sebagai objek penelitian ini adalah Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya.

Dari hal tersebut, kita menjadi tahu komponen-komponen apa saja yang bisa dijadikan pendukung fakta lapangan yang mungkin bisa memunculkan sesuatu nilai perbaikan untuk meningkatkan minat baca mahasiswa dalam membaca . Faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca mahasiswa di dalam perpustakaan. Mulai dari fasilitas perpustakaan itu sendiri, sampai dengan pemenuhan kebutuhan seseorang dalam memanfaatkan Perpustakaan yang telah di sediakan oleh pihak Universitas untuk mendukung segala hal dalam suatu proses pembelajaran para Mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya .

  1. B.     ASUMSI DASAR

 

  1. Minat baca masing- masing mahasiswa berbeda-beda
  2. Mahasiswa masing-masing punya penilaiannya sendiri dalam menanggapi fasilitas perpustakaan fakultas ilmu budaya
  3. Mahasiswa mempunyai tujuannya masing-masing di dalam penggunaan sarana perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya
  4. Mayoritas mahasiswa Fakultas Imu Budaya memanfaatkan perpustakaan di saat memerlukan referensi tambahan dalam pemenuhan suatu tugas maupun penyelesaian skripsi dan lain-lain.

 

  1. C.     HIPOTESA

 

Adanya hubungan antara variabel dependent dengan variabel yang independent yang bisa memunculkan suatu dugaan atau hipotesa yang menyebutkan bahwa banyak faktor yang mempengaruhi minat baca seseorang di dalam perpustakaan . Mayoritas mahasiswa hanya meminjam buku di perpus lalu membacanya di tempat lain tidak di perpustakaan itu sendiri . Hal yang seperti ini yang bisa dijadikan sebagai dasar persoalan pemanfaatan fasilitas perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya.

Melihat dari variabel independent yang ada memang masing-masing mahasiswa pasti mempunyai alasan dan tujuannya masing – masing dalam menggunakan fasilitas perpustakaan tersebut.  Satu per satu akan di bahas lebih dalam sehingga dapat menimbulkan berbagai hipotesa.

 

–          Fasilitas

 

Dalam hal ini fasilitas tertentu dapat dijadikan alasan pendukung fakta lapangan karena minat baca seseorang di dalam perpustakaan sangat tergantung kepada fasilitas di dalam perpustakaan itu sendiri. Contohnya saja dalam hal peyedian kursi untuk sarana membaca di dalam perpustakaan yang minim yang membuat para mahasiswa lebih memilih membaca di luar perpustakaan . Selain itu kelengkapan penyedian buku juga dijadikan alasan pemanfaatan perpustakaan ini. Banyak yang mengeluhkan buku yang ingin di pinjam ternyata masih dipinjam orang lain dan tidak tahu kapan akan dikembalikan sedangkan pada waktu itu juga kita butuh. Seperti yang pernah saya alami. Ada lagi mungkin dengan penambahan fasilitas berupa wifi mahasiswa akan tertarik untuk sering berkunjung ke perpustakaan hal ini bisa dijadikan cara untuk bisa meningkatkan minat baca mahasiswa di dalam perpustakaan.

–          Jam Kunjungan

Perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya dibuka mulai jam 08.00 pagi sampai jam 15.00 sore . Hal ini yang juga bisa mempengaruhi minat baca mahasiswa. Jam kunjungan tersebut sudah disesuaikan dengan jam – jamnya mahasiswa kuliah sehingga untuk maslah jam kunjungan menurut saya tidak begitu mempengaruhi karena jam nya sudah di sesuaikan dengan jam – jam kulih mahasiswa.

–          Prosedur Peminjaman

Menurut saya , proses pembuatan kartu perpustakaan ini bisa dibilang cukup lama karena biasanya jadi dalam 3 hari. Dengan membayar delapan ribu rupiah ternyata juga mempengaruhi seseorang dalam membuat atau tidaknya kartu perpustakaan. Hal ini terjadi pada teman saya , setelah tahu  harus membayar delapan ribu rupiah mahasiswa lebih banyak berpikir untuk mengiyakan atau tidak. Hal ini lah yang bisa dijadikan suatu alasan dengan pembayaran pembuatan kartu yang dianggap agak memberatkan bagi mahasiswa yang berpengaruh dalam proses peminjaman buku di perpustakaan.

–          Suasana

Suasana di dalam perpustakaan juga mempengaruhi minat baca mahasiswa di dalam perpustakaan. Menurut saya , perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya ini susana nya bisa dibilang sudah mendukung mungkin dalam membaca membutuhkan ketenangan. Hampir di setiap perpustakaannya biasanya di tuliskan peringatan untuk tidak boleh berisik dan diharapkan tetap menjaga ketenangan supaya tidak mengganggu mahasiswa lain.

–          Kebutuhan

Mayoritas mahasiwa memanfaatkan perpustakaan untuk menambah referensi tambahan dalam pemenuhan tugas , pemenuhan skripsi dan yang lain-lain. Maka dari itu , pengunjung perpustakaan itu sendiri di dominasi oleh mahasiswa-mahasiswa yang sudah berada di tingkat akhir . Hal ini yang saya amati di dalam ruang perpustakaan dalam bagian kumpulan skripsi , thesis dan  disertasi ini justru lebih ramai dikunjungi oleh mahasiswa yang mungkin sudah berada di tingkat akhir sedangkan di ruang penyimpanan buku justru lebih sedikit pengunjungnya. Mahasiswa memang memiliki tujuannya masing-masing dalam pemenuhan suatu kebutuhan dalam penyelesaain tugas maupun tidak.

  1. D.     TUJUAN PENELITIAN

 

  1. Untuk mengetahui seberapa jauh minat baca mahasiswa di dalam perpustakaan.
  2. Sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan suatu fasilitas
  3. Untuk mengetahui apa saja yang mempengaruhi minat baca mahasiswa dalam pemanfaatan perpustakaan
  4. Untuk mengetahui seberapa optimalkah mahasiswa dalam pemanfaatan fasilitas yang sudah ada di dalam perpustakaan fakultas ilmu budaya.

E DAFTAR PERTANYAAN ( QUETIONER )

  1. Apakah anda mempunyai kartu perpustakaan Fakultas Ilmu Budaya?

Ya/Tidak

  1. Bagaimana menurut anda fasilitas yang ada di dalam perpustakaan fakultas ilmu budaya?

Baik/Cukup/Kurang

  1. Fasilitas yang bagaimana yang di inginkan para mahasiswa?
    1. Wifi
    2. AC
    3. Alat pencari buku On line
    4. Hot spot
    5. Lain-lain
    6. Bagaimana menurut anda tentang proses pembuatan kartu perpus?

Lama/cepat/berbelit/mudah

  1. Apa saja yang mempengaruhi minat baca mahasiswa di dalam perpustakaan, menurut anda?

Fasilitas/Suasana/Jam Kunjungan/Prosedur peminjaman/lain-lain………..

 F. PUSTAKA

Masri Singarimbun .  “Metode Penelitian Survey”.Jakarta: LP3ES

About anindhareni

Belajar dan terus berusaha untuk menjadi manusia yang berguna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s