Nama : Anindha Lutfika Reni

NIM : 12/16625/SA/335149

Tema : Permainan Tradisional

“PASAR-PASARAN”

Keanekaragaman Budaya yang ada di Indonesia ini adalah bukti bahwasanya bangsa ini memiliki karakter yang kuat. Dengan memahami permainan  tradisional kita juga akan bisa  memahami betapa pentingnya kita untuk menjujung tinggi pengetahuan kearifan lokal.Dengan kearifan lokal yang ada bisa membuat bagsa ini menjadi lebih berkarakter Kita bisa mengenalkan kembali permainan tradisional ini kepada anak-anak . Pada dasarnya semua permainan ,baik itu permainan tradisional maupun modern semua ini memiliki tujuan dan manfaatnya masing-masing. Mengetahui bahwa sejatinya dunia anak adalah “dunia bermain”.

Salah satu contoh permain tradisonal yang sering saya lakukan semasa saya masih anak-anak adalah permainan “Pasar-pasaran”. Permainan ini identik sekali dengan permainan para perempuan. Di dalam permainan ini memang lebih sering dimainkan oleh perempuan daripada laki-laki. Permainan ini memiliki banyak manfaat untuk perkembangan psikis dan sosial anak. Pasar-pasaran ini memiliki manfaat mengenalkan praktek ekonomi sederhana kepada anak. Anak diajarkan untuk bisa berhitung uang dengan baik, menentukan harga , menawar harga serta menata dagangan mulai dari membuka lapak hingga menutup jualan.

Permainan ini juga menuntut anak untuk menjadi lebih berfikir kreatif dalam menentukan bahan apa yang akan dipilih untuk di jual. Mulai dari mencari bahan di sekeliling untuk dijadikan suatu media pendukung di dalam permainan tersebut. Contohnya saja waktu dulu saya bermainan pasar-pasaran dengan menggunakan batu bata yang di haluskan dan di ibaratkan sebagai bumbu kacang yang ada serta penggunaan dedaunan sebagai sayurannnya

Manfaat yang lain bisa juga mendidik anak untuk bisa bersosialisasi dengan teman secara luas. Permainan ini memang melibatkan banyak orang membutuhkan yang namanya pembeli.  Pembeli ini bisa dikatakan minimal satu orang berarti di dalam permainan ini harus ada minimal dua orang yang terlibat. Hal ini yang mengajarkan kepada anak mengenai cara untuk berelasi dengan teman secara baik dan luas. Menjaga relasi teman juga berperan dalam permainan ini. Anak menjadi paham cara melobi orang tanpa menyakiti ataupun merendahkan seseorang.

Dari berbagai manfaat yang ada di dalam permainan ini adalah betapa pentingnya mengenalkan kembali permainan tradisional ini kepada anak-anak untuk meningkatkan pengetahuan kearifan lokal yang bisa membuat bagsa ini menjadi lebih berkarakter. Semua permainan bermanfaat sekali untuk sebagai media pembelajaran sosial dan psikologi anak.

 

 

About anindhareni

Belajar dan terus berusaha untuk menjadi manusia yang berguna

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s